Tentang Cloud Computing[3] dan Database-nya[4].-

Cloud computing

Perkembangan IT saat ini menuju dengan konsep-kosenp social networkingnya, openess, share, colaborations, mobile, easy maintenance, one click, terdistribusi / tersebar, scalability, Concurency dan Transparan, Saat ini terdapat trend teknologi yang masih terus digali dalam penelitian-penelitian para pakar IT di dunia, yaitu Cloud Computing. Akses data dari mana saja dan menggunakan perangkat fixed atau mobile device menggunakan internet cloud sebagai tempat menyimpan data, applications dan lainnya yang dapat dengan mudah mengambil data, download applikasi dan berpindah ke cloud lainnya, hal ini memungkinkan kita dapat memberikan layanan aplikasi secara mobile di masa depan. Trend ini akan memberikan banyak keuntungan baik dari sisi pemberi layanan (provider) atau dari sisi user.

Idealnya  cloud computing  dapat implentasikan di tingkat nasional, Artinya cukup satu infrastruktur di pusat, kemudian seluruh workstation akan mengakses.  Dengan melakukan implementasi infrastruktur diatas  diharapkan adanya efisiensi pada sisi pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak dengan tercapainya kondisi berikut :

  1. Di setiap titik sekolah, kantor wilayah setingkat kota/kabupaten tidak diperlukan lagi pengadaan server karena seluruh fungsi server telah dijalankan pada cloud computing server array yang ada di NOC pusat.

  2. Penggunaan Live CD dengan sistem operasi yang berbasis opensource pada PC yang digunakan di setiap titik dapat menghemat biaya lisensi di tiap PC yang digunakan selain itu kondisi ini juga menyababkan tidak diperlukannya pengadaan PC dengan tingkat komputasi tinggi. Karena sebagian besar proses komputasi dilakukan di server, maka fungsi dari PC workstation hanya untuk menjalankan web browser saja sehingga PC standar tanpa hardiskpun dapat digunakan.

  3. Di sisi server dapat digunakan aplikasi  cloud computing  yang berbasis  Open Source  seperti EyeOS yang sudah cukup matang untuk digunakan secara luas. Penggunaan Sistem Operasi berbasis  Open Source  pada server yang digunakan untuk melayani cloud computing ini juga sangat dimungkinkan.

Database Cloud Computing

Database komputasi awan adalah database yang biasanya berjalan pada komputasi awan platform, seperti Amazon EC2 , GoGrid dan Rackspace . Ada dua model penyebaran umum: pengguna dapat menjalankan database di awan secara independen, dengan menggunakan mesin virtual gambar, atau mereka dapat membeli akses ke layanan database, dipelihara oleh penyedia database awan. Dari database yang tersedia di atas awan itu, beberapa SQL -based dan beberapa menggunakan NoSQL model data.

Beberapa Layanan Cloud database yang tersedia di internet :

1.Xeround
Xeround merupakan layanan database cloud dengan basis MySQL.

Xeround saat ini telah tersedia di Amazon Web Services yang data centernya terletak di Amerika Utara dan Eropa.

2.Microsoft Sql Azure Database
Merupakan layanan database cloud yang disediakan oleh Microsoft di atas Windows Azure nya.  Saya sempat mengikuti seminar tentang cloud computing di kantor Microsoft Indonesia, dan cukup

Microsoft ® SQL Azure ™ Database adalah database layanan awan relasional (RDBMS) yang dibangun pada SQL Server ® teknologi. Ini adalah, sangat tersedia scalable, multi-penyewalayanan database yang diselenggarakan oleh Microsoft di awan. Database SQL Azuremembantu untuk meringankan penyediaan dan penyebaran database multipel. Pengembang tidak perlu menginstal, setup, patch atau mengelola perangkat lunak apapun, karena semua itudiurus oleh Microsoft dengan platform ini sebagai layanan (PAAS). Ketersediaan tinggi dantoleransi kesalahan adalah built-in dan tidak ada administrasi fisik yang diperlukan.Pelanggan dapat menggunakan pengetahuan yang ada di T-SQL pengembangan dan modelrelasional data untuk simetri akrab dengan yang ada pada database lokal. Selain itu, pelanggan bisa mendapatkan produktif pada SQL Azure cepat dengan menggunakan perkembangan yang sama dan alat-alat manajemen yang mereka gunakan untuk lokal layanan database.

3.SimpleDb
Ini merupakan salah satu Database NoSql yang berjalan di atas cloud.

SimpleDb ini adalah salah satu Database Cloud milik Amazon Web Services.

4.CouchOne.
CouchOne adalah Database cloud dari CouchDb yang berjalan di atas cloud, Namun saat ini masih dalam versi beta.

ref : [ klik klik]

5 Responses

  1. Kisah terbaik kehidupan adalah kisah yang diangkat dari kehidupan nyata..🙂

  2. Weleh weleh.. Begini ya.. Ketika Orang Berilmu memberikan Ilmunya hanya ada 1 Kalimat “Semoga ilmu itu Berguna Untuk Orang Lain”..🙂

  3. Wahhh,, Om Ane Suka Om Cara Pemilihan Judulnya..🙂 Sangat Variatif Sekali..:/

  4. Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  5. Bisnis Investasi Online Terpercaya
    Memperkenalkan kepada anda sebuah cara dan sistem baru dalam dunia bisnis INVESTASI di Indonesia dan dunia, agar BISA menghasilkan uang yang sangat besar dalam SISA WAKTU HIDUP ANDA. Raihlah Kebebasan Finansial Anda Sekarang Juga bersama kami. Tumbuh & Sukses bersama Kami.
    KAMI MENAWARKAN DANA ANDA AKAN DIKELOLA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.
    Investasi terkecil Rp.200.000 dng profit perHari Rp.7.500 dengan masa kontrak 50 Hari,
    setelah 50 Hari maka modal awal akan kembali 100% ditambahm profit Rp.175 ribu. Selanjutnya kita bisa investasi ulang/tidak terserah kita.
    Ayo gabung bisnis online di http://Profitzona-yanu.TK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: