Game Engine : jMonkey Engine (jME)

jMonkey Engine (jME) adalah performa tinggi mesin game 3D, yang ditulis seluruhnya di Java. OpenGL didukung melalui LWJGL, dengan dukungan JOGL dalam pembangunan. Untuk suara, OpenAL didukung. Input melalui keyboard, mouse, dan pengontrol lain juga didukung.

jME adalah sebuah komunitas berbasis proyek open source yang dirilis di bawah lisensi BSD yang baru. Saat ini sedang digunakan oleh beberapa studio permainan komersial maupun oleh universitas kelas permainan. Sementara proyek akan terus mendukung dan mengembangkan cabang paling populer selama bertahun-tahun 2,0 masih akan datang, sebuah cabang dengan cepat 3,0 muncul sebagai tanggapan terhadap standar yang lebih tinggi dari generasi berikutnya dalam kinerja dan hardware.

Fitur

jMonkeyEngine 100% ditulis menggunakan bahasa Java, yang membedakannya dari kebanyakan game engine lainnya. Kode ini memerlukan adaptasi minimal untuk cross-kompatibilitas dan dapat berjalan pada OpenGL Java Virtual Machine. Mesin dibangun dengan arsitektur berbasis shader sesuai dengan standar grafis modern.

Cara Menginstall jMonkey Engine(jME)

Untuk dapat menggunakan jMonkeyEngine atau yang biasa dikenal dengan jME, kita perlu mengatur library-nya saja.Di sini saya menggunakan NetBeans 6.5 dan jME-nya yaitu versi 2.0. Untuk download jME-nya tinggal ke halaman download pada link di bawah ini:

http://jmonkeyengine.org/downloads/

Saya sarankan untuk mendownload juga javadoc-nya, karena mungkin kita ingin mengetahui mapping dari library tersebut, karena library ini bersifat open source. Selain itu documentation chapternya juga penting, di situ terdapat cara membuat bangun sederhana.

Di dalam JME_2.0.jar terdapat juga contoh-contoh game yang sudah jadi, sehingga jika kita meng-ekstract isi dari jar tersebut, semua file contoh sudah ada dalam package jmetest.

Berikut adalah salah satu setting pada NetBeans untuk menginstal jME.
1. Extract file jME_2.0_Complete_(rxxxx).zip jika sudah download pada halaman download jmonkeyengine.com.
2. Di situ terdapat 2 item yang penting, yaitu JME_2.0.jar dan folder lib.
3. Buka NetBeans, lalu buat sebuah project java.
4. Klik kanan pada Libraries, lalu pilih Add Libraries.

libraries
libraries

5.Lalu tekan tombol create, maka akan muncul dialog Create New Library, lalu ketik Library Name dengan “JME 2.0″.
6.Kemudian muncul dialog Customize Library, pilih tab classpath, lalu klik Add JAR/Folder..
7.Pilih file JME_2.0.jar yang tadi telah di-extract.
8.Klik OK, lalu Add Library.
9.Hasilnya akan seperti ini :

libraries

Jika kita expand tanda + pada JME_2.0 – jME__2.0.jar, maka akan tampil semua source code dalam ekstensi *.java.

http://en.wikipedia.org/wiki/JMonkey_Engine
http://death32-hantuu.blogspot.com/2011/03/game-engine-jmonkey-enginejme.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: