Game Development Progress : 4 essential elements

Dalam sebuah pembuatan game, sangat dibutuhkan seorang progammer. Saat ini seorang progammer tidak berkerja sendiri seperti dahulu. Minimal dalam perusahaan pembuatan game, mereka harus memiliki 4 elemen penting, yaitu :
1. Programmer : Programmer merupakan elemen terpenting, karena dia yang membuat kode-kode dalam sebuah game. Tetapi percuma saja jika dia bekerja sendiri, karena dia membutuhkan karakter, suara, efek, dll. Jadi, saat ini programmer tidak bisa bekerja sendiri.

2. Designer : Designer, juga merupakan elemen terpenting. Kenapa? karena designer menciptakan gambaran-gambaran di dalam sebuah game, seperti Map, kota, karakter, mobil, motor, dan lain-lain. Intinya designer bertugas mendesain sebuat game agar menarik untuk dimainkan. Terbayang jika tidak ada designer? sebuah game hanya gambar kotak saja. hahahaha.

3. Artist : Artist bertugas membuat sebuah karakter yang sangat spesifik. Dia yang sebuah karakter terlihat sangat keren dalam game. Tidak mungkin karakter seorang nenek-nenek dibuat dengan memakain tank-top dan celana pendek diatas lutut, terlihat freak tentunya.

4. Composer : Composer bertugas untuk menciptakan sebuah lagu atau soundtrack, suara setiap karakter, suara hewan dan lain-lain. Intinya composer membuat seluruh suara dalam sebuah game, tidak juga bukan jika game tidak ada suara? hanya membisu seperti charlie caplin ?

Keempat elemen penting tersebut memiliki keterhubungan yang sangat penting, bayangkan jika salah satu tidak ada. Misalkan tidak ada artist, apa yang kita mainkan ? karakter apa yang kita mainkan ? tidak mungkin kita hanya memandangi pemandangan dan mendengar suara-suara dalam sebuah game.
Tidak ada designer, tentunya game sangat tidak menarik untuk dimainkan. Apalagi jaman sekarang, sebuah graphic dari sebuah game yang terlihat memukau, sangat “real” sangat dicari oleh pecinta game. Jika tidak ada designer, game tidak akan laku dijual di pasaran.
Semua sangat berkaitan, sebuah game dengan artist/ karakter yang kita mainkan terdapat di sebuah kota dengan gedung-gedung tinggi disertai suara-suara kendaraan yang lewat tentu saja sangat menyenangkan. hahahaha…

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: