Game Development Progress : Game Programmer

Setelah sebelumnya saya menulis 4 elemen terpenting dalam pembuatan game, sekarang saya membahas salah satunya, yaitu Game Programmer/ Programmer.
Game Programmer/ Programmer bertugas memrogram sebuah game agar tercipta. Terdapat beberapa bagian pada Programmer, yaitu :
1. Game physics programmer: Programmer bertugas untuk menciptakan efek “Real” dalam dunia nyata, seperti ada api, sebuah ledakan bom, pecahan-pecahan projectile peluru yang ditembakkan, darah yang keluar dari tubuh, dan lain-lain.

2. Graphics engine programmer: Programmer ini bertugas untuk menciptakan graphic yang indah, keren, dan memukau dalam sebuah game. Hampir sama dengan game physics programmer, hanya saja graphics engine programmer menciptakan nya lebih menyeluruh dalam sebuah game.

3. Artificial intelligence programmer: Programmer ini bertugas untuk menciptakan sebuah logika dalam game, dimana sebuah game akan memiliki tantangan yang sangat menyenangkan, menghadapi berbagai musuh yang dibuat sebagai tandingan (AI).

4. Sound programmer: Hampir mirip dengan tugas seorang composer, hanya saja sound programmer merupakah sebuah finishing dari berbagai musik, suara, dan efek suara dalam game. Bertugas mengatur musik, suara-suara yang harus diletakkan pada bagian yang sangat tepat.

5. Gameplay programmer: Tugas programmer ini sangat mirip dengan AI programmer, tetapi gameplay programmer yang membuat tingkat kesulitan di setiap game, membuat sebuah logika permainan yang terkadang pemain game sangat kesal jika gameplay sebuah game sangat sulit ditamatkan. Jadi kalau kalian main sebuah game dan sulit, salahkan saja orang ini. hahahaha…

6. Scripter : Bertugas untuk membuat jalur cerita dan petunjuk-petunjuk dalam sebuah game, misalkan sebuah game terdapat quest/ permintaan maka scripter membuat arahan apa yang harus dijalankan oleh pemain.

7. UI programmer: Programmer yang membantu untuk penajaman efek khusus dalam sebuah game.

8. Input Programmer: Programmer yang bertugas membuat input sebuah game, misalkan sebuah game sepakbola harus menggunakan joystick dalam bermain maka programmer ini yang membuatnya.

9. Network programmer: Bertugas untuk mengatur bagaimana caranya sebuah game dapat dimainkan secara bersama-sama, dan saat ini yang sangat sering dimainkan adalah game online.

10. Lead Game Programmer : merupakan ketua dari sebuah kelompok programmer dalam membuat kelompok.

11. Porting Programmer : bertugas untuk mengkonfersi kode-kode dalam game agar dapat dimainkan di berbagai macam sistem operasi, tetapi yang sering dimainkan saat ini hanya di sistem operasi windows.

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer
http://kue-cucur.web.id/?p=197

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: