Impact of Game to Human Live (Pengaruh di kehidupan manusia)

DotA, merupakan salah satu map Warcraft (game) paling sukses dan banyak di jadikan event-event pertandinan secara nasional (Indonesia) bahkan International. Bahkan tim perwakilan asal Indonesia bisa sejajar oleh tim-tim belahan eropa lainnya. Sudah otomatis ini bisa membanggakan bagi dunia per-gaming-an di Indonesia.

Karena game yang saya bahas adalah DotA ( Defense Of the Anciensts) yang mementingkan real-time strategy. Mungkin dampak nya di dunia nyata tidak terlalu terlihat, tetapi dampak untuk hal-hal kepribadian akan berpengaruh.

Dan menurut saya, karena game ini dapat dimainkan oleh siapa saja dan tidak “terbentur” oleh umur mungkin tidak ada dampak negatif nya😀

Beberapa dampak positif  dan dampak negatif, yang bisa berpengaruh di kehidupan manusia bahkan di kepribadian manusia tersebut.

Dampak Positif :

1. Karena game ini berbasis real-time strategy, mengharuskan kita untuk berpikir lebih kritis dan berpikir secara efektif, efisien, berhati-hati. Harus memikirkan strategi jitu.

2. Game ini sangat membutuhkan kerja sama di sebuah tim, mengharuskan kita untuk bekerjasama.

3. Game ini membutuhkan kesabaran dan berpikiran terbuka.

4. dll

Dapat dilihat, beberapa acuan “keharusan” kita dalam bermain DotA. Dimana kita dapat melatih kesabaran, kerjasama, berpikir lebih kritis, berpikir efisien, sikap hati-hati.

Tidak semua game mempunyai dampak positif, pasti terdapat sisi negatifnya. Jujur, untuk game DotA ini menurut saya tidak ada dampak negatif atau bahkan saya belum menemui dampak negatif untuk pengaruh di kehidupan sehari-hari.

Dampak Negatif :

1. Terdapat beberapa bahasa yang sedikit kasar di beberapa hero DotA.

 

Sesudah dan sebelumnya, sebenarnya melihat dampak positif dan dampak negatif dari suatu game terhadap kehidupan manusia (kita) tergantung dari diri kita sendiri. Bagaimana kita menelaah sebuah game apakah itu baik atau buruk buat kita karena suatu penilaian dapat berbeda-beda dengan orang lain.  DotA (Defense of The Ancients), yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: