Mengenai tools pada Blender

ini juga termasuk tugas softskill saya, softskill minggu ke-3 dan baru dikerjakan! hahaha

langsung saja….

===================================================================================

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.

Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3dimensi . Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti: Microsoft Windows, Linux, Mac OS X pun bisa.

Fitur Blender tidak kalah dengan aplikasi-aplikasi desain berbayar seperti 3d Studio Max, dan lainnya. Kemampuannya menciptakan modeling, compositing sampai animating tergolong sangat baik. Kelemahan software ini adalah interface dan logika tools yang berbeda dengan commercial 3D software umumnya.

Blender memiliki beberapa fitur yang menjanjikan sebagai aplikasi gratis :

1. Sudah termasuk user friendly, mudah digunakan.
2. Tool  meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dapat digunakan hampir disemua sistem operasi.
4. Kualitas grafis dan rendering sangat bagus, mudah dikerjakan, dan efisien.
5. Karena gratis, banyak dukungan di forum-forum sesama desainer yang menggunakan blender.

Blender terdapat 3 panel utama :

1. Menu

2. View Port

3. Tool Button

Sekarang kita bahas beberapa tools buton tools untuk membuat animasi pada Blender :

1. Translate manipulator Mode : berfungsi untuk mengambil objek

2. Rotate manipulator mode : berfungsi untuk memutar objek.

3. Scale manipulator mode : berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil objek.

4. Transform Orientation : berfungsi untuk mengabungkan beberapa objek.

5. Rotating/ Scaling pivot : berfungsi memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan  titik pusat suatu objek.

6. Modeling : berfungsi untuk membuat model 3D awal.

7. UV Maping : berfungsi untuk  memindahkan objek berdasarkan vertex.

8. Terxturing: pembuatan texture pada objek.

9. Rigging : pembuatan tulang atau bones pada objek.

10. Skinning : pembuatan kulit pada objek.

11. Animasi : pembuatan animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.

sumber inspirasi : http://motionstudio.wordpress.com/blender/ , http://ardi-firmansyah.blogspot.com/2010/11/blender-getting-started.html ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: