Narkoba, Lifestyle ?

Hmmm.Ok
Narkoba.
Siapa yang tak pernah mendengar (mungkin mengetahui belum) ?
Yap…
Pada era globalisasi ini, banyak yang dihadapi oleh negara baik negara maju maupun negara berkembang semakin banyak masalah tak tekecuali dengan negara kita. Salah satu masalah yang hingga saat ini di banyak negara merupakan masalah serius adalah masalah narkoba di Indonesia, masalah ini sangat mengkhawatirkan karena sudah memasuki sekolah – sekolah, kampus bahkan orang – orang yang sudah mempunyai pekerjaan mapan dapat terpengaruh penggunaan narkoba.Saat ini tidak ada satu kecamatan pun di Indonesia yang terbebas dari narkoba. ( kecamatan?…gk sekalian aja rt/rw…hahaha)

Narkoba adalah suatu zat, yang jika dimasukkan ke dalam tubuh, akan mempengaruhi fungsi fisik dan/atau psikologis (kecuali makanan, air atau oksigen). (WHO, 1982).
Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, Bahan/zat adiktif yang merupakan obat-obat yang sangat berbahaya untuk di salah gunakan.(BNN, 2003).

Jenis-nya pun banyak:
1.Opiat (heroin, morfin, ganja)
2.Ganja
3.Amfetamin (shabu, ekstasi)
4.Kokain
5.Alkohol (mungkin yang berlebihan kali yah…)
6.Benzodiazepin (pil nipam, BK, mogadon)

Perilaku
-malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya
-menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga
-sering bertemu dengan orang yang tidak dikenal keluarga, pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam
-suka mencuri uang di rumah, sekolah ataupun tempat pekerjaan dan menggadaikan barang-barang berharga di rumah. Begitupun dengan barang-barang berharga miliknya, banyak yang hilang
– selalu kehabisan uang
– waktunya di rumah kerapkali dihabiskan di kamar tidur, kloset, gudang, ruang yang gelap, kamar mandi, atau tempat-tempat sepi lainnya
– takut akan air. Jika terkena akan terasa sakit – karena itu mereka jadi malas mandi
– sering batuk-batuk dan pilek berkepanjangan, biasanya terjadi pada saat gejala “putus zat”
– sikapnya cenderung jadi manipulatif dan tiba-tiba tampak manis bila ada maunya, seperti saat membutuhkan uang untuk beli obat
– sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan
– mengalami jantung berdebar-debar
– sering menguap
– mengeluarkan air mata berlebihan
– mengeluarkan keringat berlebihan
– sering mengalami mimpi buruk
– mengalami nyeri kepala
– mengalami nyeri/ngilu sendi-sendi

Well, pertanyaannya adalah
Apakah narkoba menjadi trend lifestyle anak jaman sekarang?
Kita tahu bahwa narkoba banyak berakibat buruk jika di salah gunakan. Jutaan remaja indonesia menjadi korban perusahaan nikotin-rokok. Lebih dari 2 juta remaja Indonesia ketagihan Narkoba (BNN 2004). Mereka beranggapan bahwa jika tidak mengkonsumsi barang-barang tersebut, maka ia akan dinilai sebagai masyarakat yang ketinggalan zaman atau tidak gaul. Ini adalah pengertian yang sangat salah.

Di era modern ini, memang para remaja dituntut untuk berhati – hati dalam segala hal. Baik dalam pergaulan, maupun penerapan kehidupan. Tetapi mereka tidak begitu paham dengan istilah itu. Mengapa??
Minum – minuman keras dan narkoba adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh gaya hidup orang barat yang sangat berbahaya dan sangat berpengaruh bagi maju mundurnya suatu bangsa. Dan yang lebih anehnya, budaya tersebut telah diikuti oleh sebagian remaja Indonesia.

Mungkin pengaruh itu dapat di tanggulangi bahkan di cegah. Contohnya : Orang tua yang mempunyai anak remaja harus memantau pergaulan, teman-teman, dan gaya hidup yang mereka terapkan. Dan untuk para remaja harus berhati -hati dalam menerima budaya dari luar dan harus bisa memfilter budaya dari luar secara baik dan tepat.

Tidak Semua Remaja menjadikan Narkoba sebagai Lifestyle. Semua tergantung orang nya masing-masing, dan tetap memperhatikan orang-orang disekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: