Agar roda belakang roda skutik gak seret

Ketika mencoba pasang standar tengah dan putar roda belakang pada skuter mati, pernahkah Anda merasa bagian tersebut terasa berat atau seret ???. Hal itu menyebabkan skutik mengeluarkan tenaga lebih.
Ternyata hal itu disebabkan mur pengunci kampas kopling menempel dengan mangkuk kopling. Jika dipaksakan, putaranya bisa mengakibatkan kedua bagian itu menjadi aus.

Seharusnya ada clerence antara mur dan mangkuk kopling sehingga mangkuk bisa berputar bebas dan baru bisa mengunci dengan berkembangnya kampas kopling. Bahkan baut pengunci.
Jika mur pengunci tidak kencang, bisa saja mur bergeser ke arah membuka (di posisi ujung mur itu terdapat mangkuk mur). Kalau menempel keras, dikhawatirkan malah membuat roda macet.

Trouble shooting lainnya menyangkut kampas kopling yang cepat habis akibat besarnya tenaga dari standardnya. Kondisi seperti ini terjadi pada motor yang sudah mengalami bore-up ekstrem. Sanat dibutuhkan kampas kopling yang ekstra kuat.
Habisnya kampas kopling beragam. Tak hanya ketebalan yang jadi patokan, tetapi panjangnya dari ukuran standard bisa membuat kinerja kopling tidak sempurna.

Tanda ausnya kampas : selip karena kampas tidak lagi sempurna mengunci mangkuk kopling.
Tanda kopling aus : selain selip, laju motor tersendat-sendat layaknya letikan busi di dalam ruang bakar yang dalam kondisi hidup-mati.
Untuk memperbaikinya : kampas kopling harus diganti satu set terdiri dari 3 buah. Jangan membeli kampas berikut rumahnya, karena cukup mahal. Ketika membeli kampas ketengan, periksa kondisi per sepatunya, jika sudah lemah akan mudah terhubung ke roda belakang.
Standard sepatu kopling baru terhubung ke roda belakang 2.000 rpm. Jika per loyo, belum sampai 2.000 rpm, roda belakang sudah berputar duluan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: