ART of game (Seni dalam Game) : DotA (Defense Of The Ancients)

Akhirnya, setelah sekian lama tidak mem-blog-ger kan diri. Bisa nge-blog lagi… :D

Sebenarnya sih ini tugas kuliah, mata kuliahnya “softskill”. Kenapa di sebut softskill ya ?

hmm. sebenarnya saya malah jelasinnya, hahaha

Tugas Softskill minggu ke-4
=======================================================================

ART of game ( Seni dalam game )

Saya akan membahasa seni dalam game, ada 2 kriteria yang akan saya bahas antara lain :

1. skenario dalam game atau alur permaian dalam game.

2. tokoh atau karakter dalam game.

dan saya akan membahas game Warcraft III : Frozen Throne dengan map DotA.

Saya ingin sedikit membahas tentang warcraft dan DotA. Bagi orang awam, warcraft dan dota itu dianggap sama, padahal yang sebenarnya itu 2 hal yang berbeda.

Warcraft adalah sebuah fiksi berupa video game, karakter aksi, komik, buku yang di ciptakan oleh Blizzard Entertainment. Warcraft III : Frozen Throne adalah sebuah game dengan genre RTS-real time strategy (permainan yang mengutamakan strategi di setiap saat dalam permainan) yang di peruntukkan untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, Mac OS X, dan Linux yang di buat dan di kembangkan oleh Blizzard Entertainment. Warcraft III : Frozen Throne merupakan ekspansi tambahan dari game Warcraft III : Reign Of Chaos, yang terdapat beberapa tambahan seperti tambahan hero atau karakter, toko jualan, misi, dan lain-lain.Permainan ini terdapat pada menu Campaign dengan single plalyer yang mengutamakan misi-misi pada setiap ras, antara lain ras Human, ras Orc, ras Elf, ras Undead.

DotA (Defense Of The Ancients) adalah sebuah peta buatan untuk permainan Warcraft III : Frozen Throne dan Warcraft III : Reign Of Chaos (sepertinya di versi sebelum Warcraft III belum bisa, CMIIW)..

x : “boy, main DotA yok… yang bangun-bangun kerajaan mirip AOE itu.”

saya : yang mana ya?, emang DotA bangun kayak kerajaan? Itu mah Multiplayer dari Warcraft III : Frozen Thorne. Gimana sih lo. Kckcc”

x: “bodo akh, yang penting main DotA.”

saya : “zzzz, ayo dah”

Jadi, Warcraft III : Frozen Thorne itu beda kan dengan DotA ?. Hahaha

Jangan sampai salah ya, kalau mau main game. Mau main game yang dimaksud Warcraft III : Frozen Thorne, tetapi yang di sebut-sebut DotA.Setelah dapat membedakannya Warcraft III : Frozen Thorne dan DotA, sekarang saya akan membahas skenario atau alur dalam game atau jalan ceritanya *alah ribet.

Alur game atau skenario game DotA

Game dengan genre real-time strategy dan RPG ini memiliki tujuan yang sangat mudah yaitu hanya menghancurkan. “Kok gampang ?” “Eits, nanti dulu kita bahas”

Menurut saya, tidak semua orang awam langsung dengan sangat mudah untuk memainkan game ini. Jujur sewaktu saya pertama kali main game ini, saya membutuhkan 1 minggu untuk paham dalam game ini (belum termasuk lancar dan hafal strateginya) dibanding dengan game-game dengan genre first-person shooting seperti Counter-Strike atau game racing seperti NFS Underground.

Tujuan utama game ini adalah menghancurkan “Ancient” atau markas musuh, yang dijaga ketat oleh tower-tower dan creep atau mahluk petarung. DotA dibagi menjadi 2 tim, yaitu The Sentinel dengan “Ancient” bernama Tree of the World dan The Scourge dengan “Ancient” bernama Frozen Thorne dengan letak masing-masing The Sentinel di pojok kiri bawah dan The Scourge di pojok kanan atas. Tidak mudah memainkan permainan ini, karena kita akan bertindak sebagai Hero atau pahlawan yang dibantu oleh Creep atau mahluk-mahluk petarung kecil yang digerakkan oleh komputer atau AI.

Hero atau pahlawan di dalam game ini juga dibedakan menjadi 2, yaitu The Sentinel dan The Scourge (untuk versi map 6.46 sebelumnya), tetapi untuk versi map 6.46 setelahnya, dibedakan menjadi 9 kelompok, yaitu Sunrise Tavern, Dusk Tavern, Dark Tavern, Morning Tavern, Dawn Tavern, Evening Tavern, Light Tavern , Twillgiht Tavern, Midnight Tavern.

Terdapat 3 tipe Hero, yaitu Strenght (kuat), Agility (cepat), dan Intelegence (cerdas). Total hero dalam DotA mencapai 90 lebih, yang memiliki kelebihan, skill, kekuatan, dan kelemahan tersendiri.

Maksimal jumlah pemain adalah 5 vs 5. Pemain akan mengendalikan 1 hero dan menaikkan level yang didapat dari experience yang didapat setiap membunuh musuh, skill serta berbelanja equip dengan mendapatkan emas dari setiap membunuh musuh untuk memperkuat hero. DotA tidak dibatasi dengan waktu, yang mengakhiri permainan adalah salah satu kelompok kalah (The Sentinel ataupun The Scourge).

Terdapat banyak mode dalam game DotA, dan yang bisa membuat mode-mode tersebut hanya yang membuat ruangan atau host. Contoh nya adalah -ap (all pick) : jika mode normal pemain hanya dapat memilih dari salah satu kelompok misal The Sentinel atau The Scourge saja. Tetapi jika memilih -ap , pemain dapat memilih hero dari kedua kelompok (tetap 1 hero yang dipilih). Beberapa istilah hero dari para pemain profesional antara lain : tipe killer, tipe badak (maksudnya tipe yang banyak darah dan kuat), tipe nuker (biasanya tipe intelegence dengan skill-skill menyakitkan di awal game), tipe “bokong” (maaf bahasanya kasar, ini tipe yang bisa menghilang dan menyerang dengan mudah ke belakang musuh!), tipe cary “carries” (tipe yang sering farming atau membunuh musuh), tipe support ( seluruh hidupnya di permainan akan memberikan support bagi tim, sangat penting tipe ini!!! ), tipe hutan (tipe ini sering di hutan untuk membunuh musuh-musuh kecil dan mengumpulkan duit), tipe disabler (tipe yang menggagalkan setiap skill musuh), dll.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa memainkan game ini cukup sulit untuk awal-awal. Karena tidak sembarangan yang hanya bermain dengan menaikkan level hero, membeli asal-asalan barang atau equip, menyerang musuh sendirian tanpa teman < cara-cara permainan yang pasti akan KALAH! Hahaha…

Game ini perlu STRATEGI dan KERJASAMA TIM ! < sangat perlu di ingat!. Untuk memilih hero, sebaiknya memilih dengan sesuai kebutuhan tim karena kita bermain secara tim agar menang, contoh : jika 5 pemain, tim kita ada 2 hero tipe killer, 1 hero tipe “badak”, 1 tipe int dan sisa 1 sebaiknya kita memilih tipe support, karena sebuah tim sangat membutuhkan tipe support (untuk heal, dll) dan jangan memilih hero asal-asalan tanpa memperdulikan tim!!! (percayalah, kalian akan tidak dianggap dan di dianggap sangat bodoh. *pengalaman. Hahaha). Dan dalam membeli barang-barang equip, disarankan bertanya kepada yang lebih tahu jika belum tahu. Karena membeli equip adalah tidak bisa asal-asalan, equip adalah penunjang kemenangan yang sangat besar!. Belilah equip sesuai tipe hero mu, perhatikan duit untuk membeli equip dan jangan lupa mengkombinasikan setiap equip agar menjadi hero yang mematikan! Maksimal level Hero adalah 25.

Pembahasan tentang beberapa hero dalam DotA

Yuk, kita bahas beberapa hero dalam DotA yang menurut saya keren dan merupakan hero favorit saya :D. Diurutkan dari tipe Strenght, Agility, dan Intelegence.

Tipe Strenght : tipe ini adalah tipe paling kuat, paling banyak darahnya, dan biasanya hero tipe ini dipakai untuk memimpin jalannya “WAR”.

Contoh Hero :

Axe The Mogul Khan.

Strength:25+2.5
Agility:20+2.2
Intelligence:14+1.6
Damage:49-53
Armor:1.8

HP:625
Mana:182
Movespeed:290
Range:125(melee)
AttackTime:1.7(+21%)
Skill : Berserker’s Call , Battle Hunger , Counter Helix , Culling Blade .

Hero yang satu ini merupakan tipe tanker atau badak, sangat “keras” dan susah dibunuh. Sanggup menghadapi 5 hero sekaligus!!!. Dengan skill-skill nya, hero ini mampu mem-push atau mendorong atau membuat tim maju menghadapi musuh-musuh. Hero ini sangat populer, sangat sering saya lihat hero ini dipilih, tidak hanya di server-server lokal, bahkan di kompetisi dunia sekalipun. Hero tipe ini harus berjaya dan mendapatkan duit yang banyak di level-level awal (1-11), karena akan membantu hero ini menjadi hero yang mematikan di level-level terakhir (16-25).

Skill Berserker’s Call : skill yang di aktifkan, musuh yang berada di 300 AoE (effect of area) akan secara default menyerang kita selama beberapa detik. Skill Battle Hunger : Musuh yang terkena skill ini akan dikurangi HP (darahnya) sedikit demi sedikit sampai waktu tertentu. Skill Counter Helix : hero akan menerima kesempatan 17% memukul balik musuh dengan maksimal 175 damage setiap hero dipukul musuh (salah satu skill, mengapa Axe diangap “keras”). Skill Culling Blade : skill ini merupakan skill utama “ultimate” dari Axe, membunuh musuh secara instant musuh jika musuh memiliki darah dibawah sesuai ketentuan skill jika tidak akan terkena damage skill biasa.

Tipe Agility : tipe ini adalah tipe yang memiliki kecepatan dalam serangan, memiliki armor paling besar. Biasanya dalam DotA, hero tipe ini digunakan untuk menyerang secara “brutal” dan biasanya jika di akhir-akhir game (level 16-25), tipe ini merupakan tipe yang akan segera memimpin jalannya perang.

Contoh Hero:

Rikimaru The Stealth Assasin

Strength:17+2
Agility:24+2.9
Intelligence:14+1.3
Damage:48-52
Armor:6.4
HP:473
Mana:182
Movespeed:300
Range:125(melee)
Attack Time: 1.37 (+24%)

Skill : Smoke Screen, Blink Strike, Backstab, Permanent Invisibility.

Salah satu hero yang sangat “licin” dan susah di bunuh, karena memiliki agility atau kecepatan diatas rata-rata dan skill Permanen Invisibility untuk menghilang. Skill atau kemampuan nya membuat dia dijuluki oleh beberapa gamers sebagai hero tipe backstab atau “bokong” (menyerang dari belakang). Bagi pemula kebanyakan memakai hero ini cukup sulit karena memiliki darah ( HP ) yang relatif sedikit karena merupakan tipe agility. Rikimaru juga termasuk hero tipe killer jika di akhir-akhir permainan (level 16-25).

Memiliki skill Smoke Screen : Rikimaru membuat asap di sekitar nya yang berfungsi membuat musuh tidak bisa mengeluarkan skill, membuat lambat musuh dan jika musuh memukul akan miss target(tidak kena) disekitar asap tersebut. Skill Blink Strike : yang akan membuat rikimaru teleport (berpindah tempat) ke arah musuh, dan musuh terkena damage (serangan) yang merupakan skill wajib nomor 2 bagi rikimaru (serius!!!). Skill Backstab : skill passive yang memungkinkan dia mendapatkan bonus damage (serangan) jika dia menyerang musuh dari arah samping ataupun belakang. Skill Permanent Invisibilty : merupakan salah satu skill di DotA yang di anggap “dewa”!!! Why ? Karena rikimaru dapat menghilang secara permanen jika dia tidak menyerang atau berdiam diri, dapat menghilang dengan waktu jeda 1.5 detik jika setiap dia menyerang (hebat gak ? Hahaha).

Tipe Intelegence : tipe ini merupakan tipe yang memiliki skill-skill magic yang mematikan, dengan mana point (point yang digunakan jika memakai skill), tetapi memiliki sedikit darah (HP), dan gerakan yang lambat. Biasanya tipe ini berperan sebagai hero support tetapi terkadang bisa menjadi hero tipe killer (mematikan).

Contoh hero:

Kel’thuzad The Lich

Strength:18+1.55
Agility:15+2
Intelligence:18+3.25
Damage:37-56
Armor:1

HP:492
Mana:234
Movespeed:305
Range:505
AttackSpeed:0.68
MissileSpeed:900

Skill : Frost Nova, Frost Armor, Dark Ritual, Chain Frost.

Hero tipe ini biasa jarang dipakai oleh gamers atau pemain karena hero yang mudah mati karena memiliki darah atau HP yang kecil dan sulit digunakan bagi pemula, biasanya memiliki serangan dengan jarak jauh. Meskipun begitu rata-rata hero tipe intelegence memiliki damage besar pada skill-skill magicnya. Lich biasanya tipe hero untuk menyicil dengan skill-skill magicnya. Bagi saya, hero ini merupakan “Dewa” bagi saya!!! Percaya atau tidak, jika saya memainkan hero ini, 80% pasti hero saya akan berjaya (equip + duit yang banyak) meskipun tim saya berada di posisi kalah. Hahaha *egois sedikit.

Skill Frost Nova : merupakan skill lich yang sangat berguna diawal-awal permainan dan dapat menyakiti musuh diawal-awal permainan karena damage yang dihasilkan cukup besar. Lich memukul tumpukan es ke musuh dan sekitarnya akan terkena damage. Skill Frost Armor : meskipun Lich memiliki armor yang kecil maka dengan memakai skill ini, Lich akan menciptakan shield atau pelindung yang akan memberikan armor yang cukup besar untuk membantunya dalam pertempuran. Skill Dark Ritual : skill ini mengorbankan creep atau petarung-petarung kecil untuk di tukarkan dengan mana point Lich, maka Lich akan mendapatkan mana point sesuai ketentuan skill. Skill Chain Frost : Yo! Ini yang saya sebut, mengapa hero tipe int akan ditaktui mematikan dalam pertempuran jika mengeluarkan skill-skill magicnya. Lich akan mengeluarkan es dan memantul sebanyak 7 kali dengan damage yang sama! Jika Lich berhadapan dengan 2 musuh dan dia mengeluarkan skill ini, maka Chain Frost akan memantul di ke-2 musuh tersebut dengan damage yang sama disetiap pantulannya, musuh ke-1 akan terkena 4 pantulan Chain Frost dan musuh ke-2 akan terkena 3 pantulan Chain Frost. Wow!!! Ini yang saya sebut sebagai hero kesuakaan saya!!! hahaha, sungguh mematikan bukan ? :D

Well, saya sudah membahas tentang ART OF GAME : DotA (Defense Of Ancients) dan Beberapa Contoh Heronya. Semoga dari permainan DotA yang saya sukai ini, pembaca dapat mengerti dan menyukainnya juga. Hehehe. DotA forever!!!

Beberapa screenshot dalam game DotA :

sumber inspiransi : game Warcraft III : Frozen Thorne dengan map DotA versi 6.69, imajinasi dan pengalaman mengenai game ini, gambar berasal dari google.

About these ads

4 Responses

  1. nice inponya gan….
    ada inpo news nih gan…
    join yuk….
    di server UNIVERSAL YABEL BNET DOTA SERVER…….
    •BNet Gateway Editor Info•

    Servername: BNet Lebay

    Hostname: bnet.lebay.us atau 202.52.48.230

    TZ: 7
    • No Lag Internet Connection (Indonesia) •

    regard’s
    •MADESU

  2. thx infonya gan….

    ad info map terbaru

    join dsini ya gan : http://www.hinoref.com/

    mohon info untuk aku yang pemula …. thx y.. :D

  3. Pictures are great!!!My favorite character is Kel’Thuzad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: